Penjabaran Makhluk Hidup 5 Kingdom – Apa Sajakah Itu?

Secara sederhana yang dimaksud dengan penjabaran yaitu pengelompokkan. Sebagai contoh keragaman kucing, terdapat bermacam-macam jenis kucing yang ada di duna ini, mirip kucing domestik/setempat, anggora, persia dan masih banyak jenis lainnya atau jenis sayuran yang sungguh bermacam-macam. Dari teladan tersebut untuk mempermudah kita dalam memperlajari atau membedakan semua jenis makhluk hidup maka diperlukan sebuah sistem klasifikasi makhluk hidup.


Pengertian Klasifikasi Makhluk Hidup


Klasifikasi makhluk hidup ialah pengelompokkan makhluk hidup menjadi kalangan-kelompok atau unit-unti tertentu berdasarkan persamaan atau perbedaan cirinya. Tujuan dari pembagian terstruktur mengenai ini adalah mempermudah kita dalam mengenal , mengetahui dan mempelajari hubungan antar makhluk hidup yang sangat bermacam-macam.


Menurut Ernst Mayr, mendefinisikan penjabaran makhluk hidup sebagai pengaturan entitas dalam serangkaian kelas hirarkis, dimana setiap kelas yang hampir sama atau terkait pada satu tingkat hirarki digabungkan secara komprehensif menjadi inklusif di level kelas yang lebih tinggi.


Proses penjabaran makhluk hidup dimulai dari pengelompokkan beberapa individu yang memiliki persamaan ciri kedalalm satu golongan. dan golongan-kalangan yang terbentuk dari hasil pengklasifikasian tersebut disebut Takson. Sistem takson pada tingkat yang terendah memiliki persamaan sifat dan ciri yang paling banyak, sedangkan takson pada tingkatan yang paling tinggi mempunyai persamaan sifat dan ciri lebih sedikit. Ilmu yang mempelajari ihwal penjabaran makhluk hidup adlaah ilmu taksonomi.


Tujuan Klasifikasi Makhluk Hidup


Tujuan dari klasifikasi makhluk hidup adalah :


1. Mengelompokkan ciri-ciri dan persamaan yang dimiliki oleh masing masing makhluk hidup

2. Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis makhluk hidup untuk membedakan masing masing jenisnya

3. Menyederhakan objek studi

4. Mengetahui relasi saudara antar makhluk hidup

5. Memberi nama makhluk hidup sesua dengan jenis dan spesiesnya.


Sistem Klasifikasi


Berikut ini ialah sistem pembagian terstruktur mengenai yang di kemukakan oleh Robert H.Whittaker adalah metode penjabaran 5 kingdom. Menurut Robert H.Whittaker menyebutkan bahwa makhluk hidup dibedakan menjadi kingdom Monera, Protista, Fungi (jamur), Plantae (flora), dan Animalia (hewan) . Selain 5 kingdom tersebut, terdapat juga golongan virus, namun virus tidak tergolong dalam kelompok makhluk hidup, alasannya adalah mempunyai ciri-ciri yang berbeda dengan makhluk hidup yang lain.


Dari 5 klasifikasi makhluk hidup diatas. Setiap kingdomnya dibagi menjadi beberapa filum (untuk hewan) dan divisi (untuk tanaman), lalu setiap filum atau divisi dibagi kembali menjadi beberapa ordo, setiap ordo dibagi lagi menjadi beberapa famili, setiap famili dibagi lagi menjadi beberapa genus, dan setiap genus dibagi lagi menjadi beberapa spesies (jenis). Semakin tingggi tingkatan taksonnya, makin sedikit persamaan ciri yang hendak dijumpai.


klasifikasi makhluk hidup


1. Ciri-ciri Monera


Kingdom monera mengacu pada jenis mikroorganisme, yang dianggap selaku makhluk hidup peling primitif. Monera tidak memiliki membran inti, walaupun tidak mempunyai membran inti, organisme ini mempunyai materi inti berbentukasam inti atau DNA. Kerajaan ini berisikan kuman dan ganggang. Ahli mikrobiologi membedakan bakteri menjadi 2 yaitu eubacteria dan archabacteria. Eubacteria adalah kalangan basil yang menciptakan gas metan dari sumber karbon yang sederhana dan hidup dilingkungan biasa. Sedangkan archabacteria merupakan kelompo bakteri yang mampu hidup dilingkungan ekstrim,contohnya pada suhu panas, didalam bahari dengan kadar garam yang tinggi, maupun ditempat yang asam.



Baca selengkapnya :

Klasifikasi, Ciri – Ciri Kingdom Monera Dan Cara Perkembangbiakannya



2. Ciri ciri Protista


Protista merupakan kingdom yang terdiri satu sel atau banyak sel dan memiliki membran inti (organisme eukariot) serta bersel tunggal. Protista dikelompokkan menjadi tiga bagian,yaitu Protista yang mirip hewan (Protozoa), protista ibarat tumbuhan(ganggang) dan protista mirip jamur. Protista dapat ditemui dimana saja dan nyaris semua jenisnya hidup di air sebab protista tidak mempunyai pelindung yang dapat mempertahankan tubuhnya dari kekeringan.



Baca selengkapnya :

 Klasifikasi , Ciri-Ciri Kingdom Protista dan Cara Perkembangbiakannya



3. Ciri-ciri Fungi


Fungi merupakan kingdom yang tidak memiliki kloroplas. Kingdom ini umumnya bersel banyak, memiliki membran inti dan berperan selaku dekomposer pada lingkungan.Jamur mendapatkan masakan dengan cara parasit atau saprofit. Tubuh jamur ada berisikan satu sel berupa benang, dengan dinding sel tersusun dari zat kitin.



Baca selengkapnya :

Klasifikasi , Ciri-Ciri Kingdom Fungi Dan Cara Perkembangbiakannya



4. Ciri-ciri Plantae


Plantae atau flora ialah organisme yang mempunyai membran inti (Eukarotik) yang mampu membuat makanan sendiri dan bersel banyak serta mempunyai kloropas. Dalam kloropas terkandung klorofil, maka dari itu flora melaksanakan fotosintesis. Plantae pada umumnya mempunyai akar, batang dan daun, kecuali lumut yang memiliki akar semu (rizoid).



Baca Selengkapnya :

Klasifikasi, Ciri – Ciri Kingdom Plantae, Dan Sistem Organ Pada Tumbuhan



5. Ciri-ciri Animalia


Animalia atau hewan merupakan organisme yang memakan makhluk hidup lain untuk keperluan makanan nya. Sel-sel binatang tidak memiliki dinding sel. Hewan ada yang tinggal di bahari, di air tawar dan di darat.



Baca selengkapnya :

Klasifikasi, Ciri-ciri Kingdom Animalia dan Cara Perkembangbiakannya



Tingkatan Klasifikasi Makhluk Hidup


Berdasarkan tujuan dan klarifikasi diatas, fungsi dari pembagian terstruktur mengenai yakni memudahkan dalam mempelajari makhluk hidup. Klasifikasi disusun dalam bentuk bertingkat menurut banyak sekurang-kurangnya dan perbedaan yang ada pada makhluk hidup, dan tingkatan tersebut disebut dengan Takson.


Tingkatan terkecil dari klasifikasi makhluk hidup ialah spesies, dan pembagian terstruktur mengenai paling besar yaitu Kingdom. Penjelasannya akan di uraikan berikut ini:


tingkatan klasifikasi makhluk dihup


1. Kingdom


Kingdom adalah tinggkatan tertinggi dalam pembagian terstruktur mengenai makhluk hidup. Pada mulanya makhluk hidup cuma dikelompokkan menjadi dua kingdom yaitu plantae dan animalia. Namun seiring dengan perkembangnya pengetahuan sekarang ini makhluk hidup dikelompokkan menjadi enam kingdom, yaitu Monera, Protista, Fungi, Plantae, Animalia, dan virus.


2. Divisi atau Filum


Pada tahap pembagian terstruktur mengenai kedua yakni divisi atau filum, merupakan pembagian kalangan golongan lebih kecil dari kingdom ke divisi/filum. Divisi merupakan istilah untuk kalangan tumbuhan, dan filum sebutan untuk kalangan hewan.


3. Kelas


Tahap berikutnya setelah pengklasifikasian divisi/filum adalh kelas. Dari setiap divisi/filum dipecah lagi menjadi golongan golongan kecil yang disebut dengan Kelas. Dasar dari pengelompokkannya menggunakan sifat atau ciri-ciri lazim. Misalnya divisi spermatophyta begai menjadi dua kelas ialah kelas dikotil dan kelas monokotil.


4. Ordo


Dari tahap pengklasifikasian kelas dipecahkan lagi untuk menjadi kelompok yang lebih kecil yang disebut dengan Ordo. Dasar dari pengelompokkan ordo yaitu sifat maupun ciri terutama, misalnya kelas monokotil dibedakan atas beberapa ordo, yakni rumput-rumputan, rumput teki, jahe-jahean, bakung-bakungan dan pandan-pandanan.


5. Famili


Selanjutnya pada tahap pengklasifikasian famili di pecah lagi menjadi golongan yang lebih kecil. contohnya pada ordo bakung-bakungan dipecah lagi menjadi famili lili-lilian dan amarilis.


6. Genus


Pengelompokkan berikutnya sehabis famili adalah pengklasifikasian genus. Yaitu setiap famili mampu dibedakan lagi menjadi kalangan kecil yang lain yang disebut dengan Genus. Anggota genus memiliki persamaan lebih banyak jika dibandingka dengan takson takson di atasnya. Misalnya famili lili-lilian terbagi lagi menjadi, genus lili, pengecap buaya, dan bawang-bawangan.


7. Spesies


Spesies ialah tingkatan takson terendah dalam pembagian terstruktur mengenai. Spesies ialah bentuk bagian pengelompokkan terkecil sesudah genus. Dan setiap genus mampu mempunyai beberapa spesies. Misalnya, genus allium mempunyai dua spesies ialah bawang merah dan bawang putih.


Demikian postingan seputar pembagian terstruktur mengenai makhluk hidup. Semoga informasi yang diberikan mampu bermanfaat untuk pembaca. Terimakasih telah berkunjung di FaunadanFlora.com





0 Response to "Penjabaran Makhluk Hidup 5 Kingdom – Apa Sajakah Itu?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel