Penjabaran , Ciri-Ciri Kingdom Protista Dan Cara Perkembangbiakannya

Kingdom Protista – Kata protista berasal dari bahasa yunani yaitu protos (pertama). Menurut hebat protista ialah organisme eukariotik yang pertama yang terbentuk dari evolusi prganisme prokariotik. Protista ialah kingdom yang terdiri satu sel atau banyak sel dan memiliki membran inti (organisme eukariot) serta bersel tunggal. Protista dikelompokkan menjadi tiga bagian,yaitu Protista yang ibarat hewan (Protozoa), protista mirip tumbuhan(ganggang) dan protista ibarat jamur. Protista dapat dijumpai dimana saja dan hampir semua jenisnya hidup di air alasannya adalah protista tidak mempunyai pelindung yang dapat menjaga tubuhnya dari kekeringan.


Ciri -ciri kingdom Protista


Kelompok protista memiliki tubuh yang tersusun keatas satu sel. Sedangkan protista multiseluler merupakan bentuk koloni dari sel-sel protista, belum membentuk suatu jaringan seperti yang ditemukan pada kalangan algae makroskop. Memiliki tipe sel eukaryotik, yang ditandai dengan adanya membran inti yang memisahkan bahan genetik dengan sitoplasma. Habitat protista kebanyakan mampu ditemukan pada perairan tawar dan asin atau kawasan lembab. Namun ada juga protista yang hidup dalam organisme lain selaku benalu atau simbiosis.


Cara Hidup Protista


Berdasarkan cara makannya protista dikelompokkan menjadi 3 kelompok, yaitu

a. Fotoautotrof ialah golongan protista fotosintetik yang mampu menciptakan makannya dari senyawa anorganik dengan perlindungan cahaya. Oleh alasannya itu, organisme ini disebut protista mirip tanaman (alga).

b. Heterotrof ialah protista yang mendapatkan makannya dari organisme lain dengan cara memangsa atau mengadakan simbiosis atau parasitisme. Kelompok ini yakni protista mirip binatang (protozoa).

c. Saprofit yakni protista yang mempunyai peranan selaku pengurai (dekomposer) karena mampu mencerna sisa organisme dengan enzim yang dikeluarkan kelingkungan. Kemudian sari – sari makannya akan diabsorp ke dalam tubuh. Kelompok protista ini disebut seperti jamur.


Cara Perkembangbiakan Protista


Cara reproduksi pada protista ada dua macam, yaitu Seksual dan Aseksual. Reproduksi seksual dikerjakan dengan cara konjugasi atau singami. Reproduksi ini kebanyakan dilakukan ketik protista berada dilingkungan yang berbahaya. Sedangkan reproduksi Aseksual merupakan reproduksi yang biasa dilakukan oleh golongan potista. Jenis reproduksi yang sering dijalankan yakni dengan membelah diri atau lewat pembelahan mitosis untuk menciptakan individu gres.


Klasifikasi Protista


Protista dikelompokkan menjadi 3 bagian, yakni protista yang meneyrupai hewan (Protozoa), protista ibarat tumbuhan(ganggang) dan protista menyerupai jamur.


1. protista yang mirip binatang (Protozoa)


Protista ibarat binatang atau disebut dengan Protozoa merupakan organisme bersel sat yang berskala mikroskopis. Cara perkembangbiakkan melalui seksual dan asseksual. Kelompok Protozoa merupakan kelompokprotista yang mempunyai sifat mirip hewan ialah heterotrof dan mampu bergerak. Berdasarkan alat gerak yan dimilikinya filum protozoa digolongkan menjadi empat kelas, yakni RhizopodA (kaki semu) , Ciliata (bulu getar),Flagellata (bulu cambuk) , sporozoa (tidak mempunyai alat gerak khusus) .


protista mirip hewan


2. protista mirip tumbuhan (Algae)


Merupakan kalangan protista fotosintetik. Tubuhnya tersusun atas satu sel atau berkoloni membentuk tubuh multi seluler. Algae mempunyai klorofil mirip pada tumbuhan. Kelompok algae digolongkan menjadi empat kelas berdasarkan pigmen lebih banyak didominasi yang dimilikinya, yaitu : Cholophyta (alga hijau), Chrysophyta (alga emas), Phaeophyta (alga coklat), Rhodophyta (alga merah).


protista miriptumbuhan


3. Protista seperti jamur


Protista kalangan ini memiliki dua jenis, yakni jamur lendir (Myxomycota) dan jamur air (Oomycota), mereka adalah bukan jamur sejati. Protista jenis ini ialah protista yang pada era hidupnya mempunyai bentuk seperti jamur sejati yang membentuk sporangia atau filamen yang mirip hifa. Jamur lendir berwarna kuning dan jamur air berwarna putih. Spesies ini memiliki dinding sel yang tersusun atas selulosa sedangkan pada jamur sejati dilindungi oleh dinding sel dari zat kitin. Fungsi dari kelompok ini yaitu sebagi pengurai dalam ekosistem.


protista mirip jamur


Demikian artikel seputar Klasifikasi dan Ciri Ciri Kingdom Protista . Semoga berita yang diberikan mampu berguna untuk pembaca. Terimakasih telah berkunjung di FaunadanFlora.com





0 Response to "Penjabaran , Ciri-Ciri Kingdom Protista Dan Cara Perkembangbiakannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel