10 Jembatan Terpanjang Di Indonesia – Indah Sekaligus Menakjubkan!


10 Jembatan Terpanjang di Indonesia – Jembatan ialah salah satu fasilitas penghubung antar wilayah yang terpisah alasannya adanya jurang, sungai, atau bahkan lautan. Jembatan menjadi bagian tak terpisahkan dari sebuah tatanan jalan raya, utamanya pada lokasi yang mempunyai banyak sungai dan jurang.





Pada perkembangannya, arsitektur jembatan sekarang tidak sekadar menjadi penghubung antar jalan atau kota, namun juga menjadi tempat rekreasi dengan menawarkan keindahan alam yang mempesona. Berikut ini yaitu daftar 10 jembatan terpanjang di Indonesia dengan fungsi dan keindahan yang dimilikinya.






Daftar 10 Jembatan Terpanjang di Indonesia





Selain dibangun dengan memperhitungkan kekuatan, jembatan juga dibangun dengan menerapkan desain desain atau arsitektur tertentu sehingga nampak megah dan mencerminkan simbol-simbol tertentu.





Bahkan tak jarang jembatan tersebut juga didirikan semoga mampu dijadikan ikon wisata populer. Akan tetapi, jembatan di Indonesia belum ada yang masuk selaku salah satu jembatan terpanjang di dunia.





1. Jembatan Suramadu – Surabaya, Jawa Timur





Suramadu adalah salah satu jembatan terpanjang di Indonesia. Jembatan yang terbentang melintasi Selat Madura ini menghubungkan antara Pulau Jawa dan Pulau Madura dengan panjang 5.438 meter dan lebar 30 meter. Desain jembatan Suramadu dibagi menjadi tiga bagian berlawanan, yaitu jembatan utama, jembatan penghubung, dan jalan layang.





jembatan suramadu




Pembangunan Jembatan Suramadu dimulai sejak kala pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri pada tanggal 20 Agustus 2003. Jembatan ini lalu didirikan dan dibuka untuk umum pada tanggal 10 Juni 2009 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Adapun total ongkos yang dikeluarkan untuk jembatan yang menghabiskan waktu pembangunan enam tahun ini meraih Rp 4,5 triliun.





Tujuan pembangunan Jembatan Suramadu ialah untuk mempercepat mobilitas antara Jawa dan Madura, mempercepat pembangunan meliputi sektor ekonomi dan infrastruktur sebab Madura menjadi bagian dari Provinsi Jawa Timur.





2. Jembatan Pasupati – Bandung, Jawa Barat





Jembatan Pasupati ialah jembatan yang berada di Kota Bandung, Jawa Barat. Jembatan panjang ini mulai dioperasikan pada Juni 2005. Jembatan yang menjadi ikon Kota Bandung ini menghubungkan bab utara dan timur Kota Bandung melewati lembah Cikapundung dengan panjang 2.800 meter dan lebar 21,53 meter.





jembatan pasupati




Keindahan Jembatan Pasupati mampu kita lihat dikala malam hari. Sebab di sepanjang jembatan ini dilengkapi hiasan lampu warna-warni yang menyorot setiap sudutnya. Tak sekadar memudahkan arus kemudian lintas di sekitar Jakarta ke Bandung, di bab bawah jembatan juga dibangun taman yang dinamakan Taman Pasupati.





3. Jembatan Siak Tengku Agung Sultanah Latifah – Kepulauan Riau





Jembatan terpanjang di Indonesia selanjutnya yakni Jembatan Siak Tengku Agung Sultanah Latifah yang membentang sepanjang 1,1 km dengan lebar meraih 16,95 meter. Sesuai namanya, jembatan ini terhampar kuat di atas Sungai Siak yang menghubungkan antara Kabupaten Siak dengan Jalan Lintas Pekanbaru.





jembatan siak tengku agung sultanah latifah




Jemabatan ini tepatnya berada di Kota Siak Sri Indrapura yang mempnyau dua segi daratan, yakni segi utara dan selatan. Sisi utara berada di Kecamatan Siak dengan ikon sejarah berbentukIstana Asserayah Hasyimiyah dan sisi selatan di Kecamatan Mempura dengan ikon sejarah berbentukbenteng dan tangsi (barak) Belanda.





Pembangunan Jembatan Siak Tengku Agung Sultanah Latifah memerlukan waktu sekitar lima tahun sebelum kesannya berakhir dan didirikan pada tahun 2007.





4. Jembatan Merah Putih – Ambon, Maluku





Jembatan Merah Putih terdapat di Kota Ambon, Maluku. Jembatan yang didirikan pada April 2016 ini mempunyai panjang sekitar 1,1 km dengan lembar meraih 22,5 meter.





jembatan merah putih




Jembatan dengan bangunan kabel pancang ini membentang di atas Teluk Dalam Pulau Ambon yang menghubungkan antara segi utara Desa Rumah Tiga (Poka) di Kecamatan Sirimau dan segi selatan Desa Hative Kecil atau Galala di Kecamatan Teluk Ambon.





Bisa dibilang, Jembatan Merah Putih ialah jembatan terpanjang di Indonesia Timur. Bahkan, jembatan ini juga dianggap jadi bab dari keseluruhan tata ruang kota sekaligus ikon terpopuler di Ambon.





5. Jembatan Ampera – Palembang, Sumatera Selatan





Nama Ampera diambil dari kalimat Amanat Penderitaan Rakyat. Jembatan panjang ini menjadi ikon Kota Palembang, Sumatera Selatan. Jembatan Ampera diresmikan pada tahun 1965 dengan panjang mencapai 1,1 km dan lebar 22 meter. Letaknya sempurna di tengah kota yang menghubungkan tempat Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang terpisah alasannya adalah adanya Sungai Musi.





jembatan ampera




Satu hal yang mempesona dari Jembatan Ampera yaitu bagian tengahnya bisa diangkat semoga kapal-kapal besar dapat melewati sungai Musi. Namun semenjak tahun 1970, bagian tengah ini tidak lagi mampu diangkat alasannya adalah bandul pemberat 500 ton yang menajdi bab dari jembatan ini dibongkar pada tahun 1990. Pembongkaran ini dilaksanakan atas dasar keamanan pengguna jembatan tersebut.





6. Jembatan Barito – Banjarmasin, Kalimantan Selatan





Sesuai dengan namanya, Jembatan Barito yaitu jembatan yang membentang di atas Sungai Barito, Provinsi Kalimantan Selatan. Jika dilihat dari segi administratif, jembatan ini berada di tempat Kabupaten Barito Kuala yang berjarak sekitar 15 km dari Kota Banjarmasin.





jembatan barito




Jembatan Barito dibangun sepanjang 1 km yang melintasi Sungai Barito selebar 800 meter. Selain Sungai Barito, jembatan ini juga melintasi Pulau Bakut dengan lebar sekitar 200 meter. Itulah alasan mengapa jembatan ini juga sering disebut selaku Jembatan Pulau Bakut.





Jembatan yang menjadi saluran jalan Trans Kalimantan dari Banjarmasin menuju Palangkaraya ini terdiri dari jembatan utama dan pendekat. Jembatan utama dibangun sepanjang 902 meter dan jembatan pendekat sepanjang 180 meter dengan lebar 10,37 meter.





Menariknya, jembatan yang diresmikan pada tahun 1997 oleh Presiden Soeharto ini sempat tercacat dalam rekor MURI selaku jembatan gantung terpanjang di Indonesia.





7. Jembatan Mahakam Ulu – Samarinda, Kalimantan Timur





Jembatan terpanjang di Indonesia selanjutnya yaitu Jembatan Mahakam Ulu atau Mahulu. Jembatan ini mempunyai panjang 789 meter dan lebar 11 meter. Jembatan Mahulu membentang sempurna di atas Sungai Mahakam yang menghubungkan Kelurahan Loa Buah, Sungai Kunjang di Kelurahan Sengkotek, dan Samarinda Seberang.





jembatan mahakam ulu




Jembatan Mahulu didirikan semenjak Juli 2009 alasannya adalah mengalami peroses keterlambatan pembangunan. Biaya pembangunan jembatan ini menelan dana 265 Milyar yang berasal dari APBD Kalimantan Timur.





8. Jembatan Rumpiang – Banjarmasin, Kalimantan Selatan





Jembatan Rumpiang yaitu salah satu jembatan yang membentang di atas Sungai Barito. Jembatan yang didirikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada April 2008 ini terletak di Kota Marabahan, Kabupaten Barito Kuala.





jembatan rumpiang




Tujuan pembangunan Jembatan Rumpiang yaitu untuk memperlancar arus lalu lintas dari Kota Marabahan ke Banjarmasin, begitu pula sebaliknya. Sebab sebelum adanya jembatan sepanjang 753 meter ini, penduduk harus memakai kapal feri untuk menyeberangi Sungai Barito.





9. Jembatan Kutai Kertanegara – Kalimantan Timur





Jembatan yang melintasi Sungai Mahakam ini ialah jembatan yang menyandang predikat selaku jembatan gantung terpanjang di Indonesia. Secara keseluruhan, Jembatan Kutai Kertanegara ing Martadipura memiliki panjang meraih 710 meter. Jembatan ini dibangun dengan struktur bentangan bebas atau area yang tergantung tanpa penyangga mencapai 270 meter.





jembatan kutai kartanegara




Jembatan yang menjadi sarana penghubung antara Kota Tenggarong dan Samarinda ini sempat ambruk di tahun 2011. Tak usang sesudah itu, jembatan kembali dibangun di lokasi yang sama, tepatnya di tahun 2013 dan resmi dibuka untuk umum pada Desember 2015.





10. Jembatan Tengku Fisabilillah – Batam, Riau





Jembatan ini lebih diketahui dengan nama Jembatan Barelang yang berasal dari akronim Batam, Rempang, dan Galang. Pada dasarnya, Barelang ialah sekumpulan jembatan yang menghubungkan beberapa pulau disekitarnya, mulai dari Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang, dan Pulau Galang Baru di Propinsi Kepulauan Riau.





jembatan barelang




Selain diketahui dengan nama Jembatan Barelang, fasilitas penghubung ini juga kerap disebut sebagai Jembatan Habibie. BJ. Habibie dianggap berjasa dalam mengembangkan Pulau Batam selaku pulau industri dan mempelopori pembangunan jembatan tersebut.





Jembatan Tengku Fisabilillah yaitu ikon populer Kota Batam, terutama bagi penduduk Kepulauan Riau. Makara jangan heran, bila jembatan yang membentang sepanjang 54 km ini juga kerap dijadikan tujuan wisata utama di Batam.


0 Response to "10 Jembatan Terpanjang Di Indonesia – Indah Sekaligus Menakjubkan!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel