10 Jembatan Terpanjang Di Dunia – Membentang Ratusan Kilometer!


10 Jembatan Terpanjang di Dunia – Berkat kemajuan teknologi yang kian mutakhir, proses pembangunan infrastruktur sekarang menjadi lebih gampang dan cepat, tak terkecuali dalam membangunan jembatan. Berdasarkan fakta tersebut, tidak aneh bila infrastruktur seper jembatan terpanjang di dunia sebagian besar berada di negara dengan kemajuan teknologi tinggi, mirip Tiongkok dan Amerika Serikat.





Kondisi geografis merupakan salah satu tantangan paling besar bagi kelangsungan proses pembangunan jembatan. Namun melalui perancangan struktur yang bagus dan pertumbuhan teknologi, maka pembuatan jembatan super panjang bahkan hingga ratusan kilometer pun mampu dikerjakan.






Pengertian Jembatan





Jembatan yaitu struktur yang sengaja dibuat untuk membuat lebih mudah insan, terutama digunakan untuk menyeberangi jurang atau rintangan seperti rel kereta api, sungai, ataupun jalan raya. Jembatan merupakan bab dari infrastruktur darat yang dibangun sebagai media penyeberangan pejalan kaki, kendaraan, ataupun kereta api di atas halangan untuk memperlancar anutan transportasi.





Peran jembatan sangat vital dalam traffic flows. Jadi tidak heran, bila jembatan adalah unsur kritis dari sebuah ruas jalan alasannya menjadi penentu beban maksimum kendaraan yang melewati ruas jalan tersebut.





Sejarah Pembangunan Jembatan





Jembatan pertama kali dibuat memakai titian kayu untuk menyeberangi sungai. Tak sedikit pula orang yang memakai dua utas tali atau rotan yang diikat pada bebatuan di tepi sungai untuk melewati rintangan yang ada. Setelah itu, batu tetap dipakai namun hanya selaku rangka.





jembatan gantung




Jembatan gerbang biasanya memiliki bentuk melengkung. Rancangan ini pertama dibuat pada zaman Kekaisaran Roma, bahkan setelah itu masih banyak jembatan dan jalan masuk air dari zaman tersebut yang kita kenal sampai kini.





Para penduduk Roma pada masa itu memiliki kesanggupan untuk mengenali perbedaan kekuatan bebatuan yang berlawanan. Jenis jembatan yang dibentuk di zaman Kaisar Roma yakni jembatan bata dan mortar, alasannya adalah setelah zaman tersebut teknologi dan ilmu wawasan mulai menghilang.





Sekitar periode ke-18, terdapat banyak pembaruan dalam pembuatan struktur jembatan kayu yang dipelopori oleh Hans Ulrich, Johannes Grubenmann, dan beberapa orang yang lain. Dengan adanya revolusi industri di periode ke-19, perkembangan teknologi pembangunan jembatan menjadi kian meningkat alasannya adalah adanya metode rangka besi.





Namun sayangnya, besi ternyata tidak mempunyai kekuatan ketegangan atau tensile strength yang cukup untuk menopang beban terlalu besar.





Ide menciptakan jembatan dengan kekuatan ketegangan tinggi berasal dari Gustave Eiffel yang kemudian diaplikasikan pada Menara Eiffel di Paris, Perancis. Metode ini paling sesuai dipakai pada jembatan berskala panjang alasannya adalah mempunyai kekuatan untuk menopang beban tinggi. Selain itu, beton juga mempunyai ongkos perawatan yang jauh lebih hemat biaya dibanding besi.





Daftar 10 Jembatan Terpanjang di Dunia





Beberapa negara di dunia seakan-akan berlomba dalam membangun jembatan terpanjang di dunia. Keberhasilan dalam menciptakan konstruksi jembatan dapat menjadi parameter perkembangan sebuah negara disamping fungsi khususnya untuk mempermudah mobilitas insan.





1. Danyang – Kunshan Grand Bridge





Rekor jembatan terpanjang di dunia dipegang oleh Danyang – Kunshan Grand Bridge yang membentang sekitar 165,8 KM. Jembatan yang terletak di Provinsi Jiangsu, Tiongkok ini dibangun dalam era waktu 4 tahun dengan melibatkan 10 ribu orang pekerja dan menghabiskan biaya sekitar 8,5 juta dollar AS.





Danyang – Kunshan Grand Bridge




Jembatan yang resmi dibuka untuk lazim pada Juni 2011 ini terletak di antara Sungai Yangtze Delta yang dikelilingi persawahan dan juga danau. Saat ini, Danyang – Kunshan Grand Bridge memegang Guinness World Record selaku jembatan terpanjang di dunia dalam semua klasifikasi.





2. Changhua – Kaohsiung Viaduct





Jembatan terpanjang kedua di dunia yakni Changua-Kaohsiung Viaduct yang membentang sepanjang 157,3 km dari Kota Changua sampai Zuoying, Taiwan. Jembatan yang final dijalankan pada tahun 2007 ini ialah jalur kereta cepat Taiwan High Speed Rail yang melintasi jalur super luas.









Menariknya, jembatan ini didesain khusus supaya tahan kepada gempa semoga kereta mampu berhenti dengan aman selama fenomena seismik tersebut terjadi.





3. Cangde Grand Bridge





Seperti halnya Changhua-Kaohsiung Viaduct, jembatan yang diberi nama Cangde Grand Bridge sepanjang 115,9 km ini merupakan jembatan khusus kereta cepat Beijing-Shanghai High Speed Railway di Tiongkok.





Cangde Grand Bridge




Strukturnya dibentuk sedemikian rupa supaya tahan kepada gempa. Jembatan ini melintasi Sungai Wei dan beberapa sungai kecil lain dengan 3092 dermaga yang simpulan dibangun pada tahun 2010 lalu.





4. Tianjin Grand Bridge





Jembatan yang mulai dibangun pada tahun 2006 dan selsai di tahun 2010 ini ialah jembatan jalur kereta cepat yang membentang dari Langfang sampai Qingxian sejauh 113,7 km.





Tianjin Grand Bridge




Uniknya, jembatan Tianjin mempunyai rancangan jalur layang yang sengaja diseleksi untuk menyingkir dari bangunan di sekitarnya, tergolong di antaranya persimpangan jalan dan jalur kereta api.





5. Weinan Weihe Grand Bridge





Jembatan berikutnya yang menjadi salah satu jembatan terpanjang di dunia yakni Weinan Weihe. Jembatan ini ialah bab dari jalur kereta cepat yakni Weinan Weihe Grand Bridge sepanjang 79,7 km. Jembatan ini melintasi jalan raya, sungai, dan jalur kereta api Zhengzhou-Xi’an High Speed Railway yang menghubungkan antara Kota Zhengzhou dan Xi’an di Tiongkok.





Weinan Weihe Grand Bridge




Weinan Weihe Grand Bridge simpulan dibangun pada tahun 2008, akan namun untuk umum gres dibuka secara resmi pada tahun 2010. Selama proses pembangunan, jembatan ini dikerjakan oleh 10 ribu orang pekerja yang menghabiskan sekitar 2,3 juta m3 dan 45 ribu ton baja.





6. Bang Na Expressway





Tidak cuma Tiongkok dan Amerika Serikat yang berlomba-kontes membangun jembatan terpanjang di dunia. Ternyata Thailand juga mengembangkan infrastruktur ini dengan nama Bang Na Expressway. Jembatan ini berbentukjalan tol sepanjang 54 km yang membentang di atas jalan Tol Nasional 34.





Bang Na Expressway




Bang Na Expressway didesain khusus oleh Jean M. Muller asal Amerika Serikat yang bertindak sebagai konsultan teknik wilayah Asia sebagai perancang pondasi. Sementara insinyur yang bertanggung jawab atas proyek ini adalah Louis Berger Group.





Pembangunan jembatan Bang Na Expressway menghabiskan 1,8 juta m3 beton yang dituntaskan pada tahun 2000. Bang Na Expressway juga sempat menyandang gelar sebagai jembatan terpanjang di dunia sampai tahun 2008 sebelum proyek pembangunan Danyang – Kunshan Grand Bridge di Tiongkok simpulan dikerjakan.





7. Beijing Grand Bridge





Jembatan ini yakni jembatan kereta cepat Beijing – Shanghai High Speed Railway dengan panjang sekitar 48,1 km. Beijing Grand Bridge simpulan dibangun pada tahun 2010 dan membentang dari Stasiun Kereta Selatan Beijing hingga Distrik Daxing, Tiongkok.









8. Lake Pontchartrain Causeway





Sesuai dengan namanya, Lake Pontchartrain Causeway berisikan dua jembatan paralel yang melintasi Danau Pontchartrain di negara bagian Louisiana Selatan, Amerika Serikat. Jembatan sepanjang 38,4 km ini dinobatkan menjadi jembatan terpanjang di dunia yang berada di atas air. Bagian ujung utara jembatan melintasi Mandeville, Louisiana, sedangkan ujung selatannya melintasi Metairie, Louisiana yang terletak di pinggiran Kota New Orleans.





Lake Pontchartrain Causeway




Lake Pontchartrain Causeway ditopang oleh 9500 tiang beton yang memiliki bascule membentang di atas terusan navigasi sejauh 13 km selatan pantai utara. Jembatan pertama akhir digarap pada tahun 1956, sedangkan jembatan kedua selesai pada 1969.





9. Line 1 Wuhan Metro





Jembatan berikutnya yaitu Line 1 Wuhan Metro yang terbentang sekitar 37,7 km dan menjadi bagian dari jalur Wuhan Metro. Jembatan yang simpulan digarap pada Juli 2004 ini menyebabkan Kota Wuhan, Tiongkok selaku kota kelima yang memiliki metode metro sehabis beberapa kota lainnya, mirip Beijing, Tianjin, Shanghai, dan Guangzhou.





Line 1 Wuhan Metro




Wuhan Metro ialah metode angkutan cepat yang mempunyai jalur layang dan bawah tanah. Jalur ini melayani seluruh penduduk yang ada di Kota Wuhan, Hubei, dan sekitarnya.





10. Manchac Swamp Bridge





Jembatan dengan panjang 36,7 km dan lebar 95 meter ini ialah salah satu jembatan terpanjang di dunia yang melintasi Rawa Manchac, Amerika Serikat.





Manchac Swamp Bridge




Manchac Swamp Bridge juga menjadi salah satu jembatan terpanjang yang dibangun di atas air sejak tahun 1979 dan diklaim sebagai jembatan jalan bebas kendala gratis terpanjang di dunia.


0 Response to "10 Jembatan Terpanjang Di Dunia – Membentang Ratusan Kilometer!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel