Teladas Kapas Biru – Guyuran Keindahan Lumajang


Air Terjun Kapas Biru – Bingung cari tempat rekreasi alam di Lumajang? RimbaKita.com punya satu pilihan kawasan yang mampu kau datangi di kota kaki Gunung Semeru ini, apakah itu?





Obyek wisata Air Terjun Kapas Biru adalah salah kawasan piknik yang mengasyikkan. Derasnya air yang jatuh dari tebing berpadu dengan asrinya alam akan menciptakan penat kita menghilang dalam sekejap.





Lokasinya berada di Dusun Mulyoharjo, Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Meski untuk sampai di kawasan ini tidaklah mudah, tapi jaminan panorama alamnya akan menghapus semua kecapekan.









Air menggeluti ini diberi nama Kapas Biru alasannya jika dilihat dari kejauhan bagian pinggiran jeram nampak berwarna biru. Ketinggian gerojokan ini sekitar 100 meter dan memiliki 2 tingkat, tingkat bawah setinggi 90 meter dan tingkat atas sekitar 10 meter. Sumber airnya berasal dari aliran anak sunga Besukbang atau Sungai Lengkong yang berhulu di lerang Gunung Semer.





Wisatawan lokal maupun luar yang hendak berkunjung ke kawasan Air Terjun Kapas Biru juga tak perlu cemas ihwal fasilitas. Sebab disini sudah tersedia lahan parkir yang memadai, kamar mandi, mushola, warung makan dan sarana pendukung pariwisata lainnya.





Air Terjun Kapas Biru mampu dituju dari dua arah, ialah dari Malang dan Lumajang dengan kendaraan roda dua atau roda empat. Jika menempuh rute dari Malang, maka ambil jalur menuju Kepanjen kemudian Gondanglegi, Dampit, Tirtoyudo, Ampelgading, Pronojiwo dengan kriteria Polsek Pronojiwo sekitar 100 meter.





coban kapas biru




Selanjutnya kita akan menemukan papan nama Coban Kapas Biru dan ikuti saja isyarat jalan tersebut hingga sampai ke lokasi. Jika masih resah, kita juga bisa bertanya ke penduduk setempat dan pasti akan dijawab dengan ramah. Selain itu kita juga mampu memanfaatkan aplikasi Google Maps dan sejenisnya.





Lalu jika kita berangkat dari Lumajang, maka ikutilah jalan nasional Lumajang – Malang lewat Sumberseko, Tempeh, Pasirian, Candipuro sampai Pronojiwo. Lihatlah papan nama bertuliskan Coban Kapas Biru dan ikuti petunjuknya, sekitar 1,5 km kemudian kita akan sampai di lahan parkir obyek rekreasi.





Untuk memasuki area riam, setiap orang dikenakan tarif Rp 5.000 oleh pihak pengurus, tarif yang sungguh murah untuk obyek wisata seindah ini!. Kita bahkan mampu mengunjunginya selepas subuh sebab wisata Air Terjun Kapas Biru buka mulai jam 05.00 pagi hingga 16.00 sore.





Dibutuhkan perjalanan dengan jalan kaki selama 45 menit menaiki tangga untuk menuju lokasi air terjun. Meski terhitung usang dan melelahkan, namun kesejukan gerojokan akan menyirnakan itu semua!. Di tengah perjalanan kita juga disuguhi panorama berupa hamparan hijau sejauh 2 km.





air terjun kapas biru lumajang




Agar liburan di Air Terjun Kapas Biru makin menggembirakan, ada beberapa tips yang bisa kamu rencanakan, antara lain:





  • Pastikan fisik dan kesehatan badan dalam kondisi prima alasannya kita akan melalui trek yang cukup menantang. Bagi yang punya riwayat asma, semestinya jangan lupa menenteng obat-obatan yang diharapkan
  • Jangan gunakan sandal! Pakailah sepatu yang alasnya tidak licin sebab jalur yang dilewati berupa bebatuan dan tanah licin serta tebing securam 40-45 derajat
  • Pulanglah sebelum sore biar tidak terlampau malam ketika pulang, karena lokasi rekreasi alam ini tutup jam 16.00
  • Bawalah busana ganti sebab ditentukan kita akan berbasah-basahan ketika berkunjung ke Air Terjun Kapas Biru
  • Agar perjalanan menuju riam lebih tenteram, bawalah bekal kuliner dan minuman secukupnya. Pastikan sampahnya dibawa dan dibuang ke kawasan sampah ya!




Bagi yang sudah puas menikmati derasnya air terjun, kita juga mampu singga ke obyek rekreasi lain disekitarnya, mirip Air Terjun Kabut Pelangi, Goa Tetes dan Air Terjun Tumpak Sewu.


0 Response to "Teladas Kapas Biru – Guyuran Keindahan Lumajang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel