Pembagian Terstruktur Mengenai, Ciri – Ciri Kingdom Plantae, Dan Sistem Organ Pada Tanaman

Kingdom Plantae – Plantae atau tumbuhan ialah organisme yang mempunyai membran inti (Eukarotik) yang mampu membuat masakan sendiri dan bersel banyak serta memiliki kloropas. Dalam kloropas terkandung klorofil, maka dari itu tumbuhan melaksanakan fotosintesis. Plantae kebanyakan memiliki akar, batang dan daun, kecuali lumut yang mempunyai akar semu (rizoid). Sekilas ihwal penjelasan singkat perihal Kongdom Plantae yang akan kita diskusikan secara lengkap apada uraian dibawah ini. Pembahasan utama yang hendak dibahas yaitu perihal pengertian Kingdom Plantae, Ciri-ciri kingdom plantae, klasifikasi kingdom plantae dan metode organ pada kingdom plantae. Lebih jelasnya simak uraian dibawah.


Pengertian Kingdom Plantae


Kingdom Plantae atau lebih diketahui dengan tanaman ialah salah satu oganisme eukariotik multiseluler yang mempunyai dinding sel dan klorofil. Klorofil berfungsi sebagai zat hijau daun yang digunkana untuk berfotosintetis sehingga tanaman mampu menciptakan makanannya sendiri atau bersifat autitrof.


Ciri-Ciri Kingdom Plantae


Kingdom plantae memiliki ciri khusus yang membedakan kingdom plantae dengan kingdom animalia. Ciri-ciri tersebut ialah



  • Dinding sel yang tersusun atas selulosa

  • Memiliki klorofil yang berfungsi untuk berfotosintetis

  • Kingdom plantae bersifat autotrof

  • Eukariotik

  • Menyimpan cadangan makanan dalam bentuk amilum (pati)

  • mengalami pergiliran dalam klasifikasi siklus hidupnya.


Klasifikasi Kingdom Plantae


Selain mempunyai ciri-ciri diatas, Kingdom Plantae juga memiliki pembagian terstruktur mengenai mirip kingdom kingdom yang lain. Klasifikasi ini membantu kita untuk dapat membedakan antara spesies yang satu dengan spesies lainnya dalam kingdom plantae. Klasifikasi tersebut antara lain selaku berikut:


1. Divisi Bryophyta (Tumbuhan Lumut)


     tumbuhan lumut


Bryophyta (Tumbuhan Lumut) merupakan anggora kingdom plantae paling sederhana. Dari struktur bentuk tubuhnya, flora lumut menunjukkan bentuk peralihan antara tanaman talus ke tumbuhan kormus. Tumbuhan lumut sungguh gampang ditemukan dikehidupan sehari-hari. Tumbuhan lumut mampu berkembang diberbagai tempat yang lembab seperti tembok, tanah, batuan lapuk bahkan menempel dikulit pohon. Karena tumbuha ini menyukai tepat yang lembah maka tanaman lumut dikala bereproduksi memerlukan air untuk melaksanakan pembuahan. Kaetika tidak ada air, menjadikan sel jantan tidak dapat membuahi sel betina. Bagian tubuh pada lumut yang seperti dengan akar disebut dengan Rizoid. Rizoid memiliki fungsi untuk menyerap air dan garam mineral serta selaku alat perlekatan pada habitatnya. Tumbuhan lumut dibagi menjadi 3 kelas, yaitu kelas Hepaticopsida (lumut hati), Kelas Anthocerotopsida (lumut tanduk), dan kelas Bryopsida (lumut daun).


2. Divisi Pteridophyta (Tumbuhan Paku)


tumbuhan paku


Tumbuhan Paku ialah bagian dari kingdom Plantae yang tubuhnya telah mempunyai akar, batang, dan daun sejati. Susunan daun tanaman paku meyirip mirip bulu. Tumbuhan paku berlawanan dengan lumut, tumbuhan paku sudah mempunyai pembuluh angkut ialah xylem dan floem. Namun habitat tanaman paku hampir sama dengan tanaman lumut. Mereka bisa hidup di kawasan lembab dan lembap, permukaan watu, tanah, hutan hujan tropis dan kulit pohon. Bentuk tanaman paku bermacam-macam, ada yang lembaran, perdu ataupun berbentuk mirip tanduk rusa.Sebutan lain dari tumbuhan paku adalah tanaman pakis. Tumbuhan paku berisikan 4 kelas, ialah kelas Psilopsida (paku purba), kelas Lycopsida (paku kawat), Spenopsida (paku ekor kuda), dan Pteriopsida (paku sejati).


3. Divisi Spermatophyta (Tumbuhan Berbiji)


tumbuhan berbiji


Tumbuhan biji mempunyai akar, batang dan daun sejati, oleh alasannya itulah flora biji dibilang selaku tingkatan tertinggi dalam kingdom Plantae. Tumbuhan biji menghasilkan biji selaku alat perkembangbiakan, memiliki bentuk yang bermacam-macam. Habitat tanaman biji di darat dan sebagian ada di air mirip tumbuhan teratai yang mengapung di air. Reproduksi pada tumbuhan berbiji ialah melalui penyerbukan dan pembuahan. Divisi ini terbagi lagi menjadi 2 sub divisi , adalah sub divisi Gymnospermae (Tumbuhan berbiji terbuka) dan Angiospermae (flora berbiji tertutup). Dan pada sub divisi angiospermae terbagi atas 2 kelas ialah kelas Monocotyledone (monokotil/ biji keping satu) dan kelas Dycotyledone (dikotil/berkeping dua).


Sistem Organ Kingdom Plantae (Tumbuhan)


Agar mampu meningkat dan berkembang dengan baik, kingdom Plantae (tanaman) mempunyai sistem organ yang baik. Sistem organ pada teumbuha berisikan beberapa organ yakni, Akar, Batang, Daun , dan Bunga. Berikut penjelasan dari maisng-masing organ pada tumbuhan.


1. Akar


struktur akar


Akar pada tanaman berfungsi untuk menyerap zat hara dan air dalam tanah. Akar adalah bagian pokok selain batang dan daun bagi tumbuhan. Akar berkembang dari meristem apical ujung akar yang dilindungi oleh tudung akar (kaliptra). Tudung akar berfungsi untuk melindungi ujung akar ketika menembus tanah. Akar juga berfungsi untuk memperkokoh tumbuhan, sehingga tanaman tidka mudah roboh dikala tertempa angin atau angin ribut yang datang. Struktur akar terdiri atas epidermis, korteks, endodermis, dan stele yang terdapat xylem dan floem selaku alat angkut. Akar berisikan dua ialah serabut pada tanaman monokotil dan akar tunggang pada flora dikotil.


2. Batang


struktur batang


Batang ialah salah satuorgan dasar dari tumbuhan pembuluh. Batang yakni sumbu tanaman, daerah semua organ lain tertumpu dan berkembang. Daun dan akar dianggap selaku perkembangan lanjutan dari baang ntuk melakukan fungsi yang lebih khusus. Pada lazimnya batang berbentuk bundar silinder tetapi adapula yang memiliki bentuk lain. Terdiri atas ruas-ruas yang masing dibatasi oleh buku-buku dan pada buku-buku inilah timbul tunas yang membentuk cabang batang, daun, atau akar. Batang dapat mempunyai fungsi perhiasan, yang berakibat pada berubahnya bentuk (morfologi) dari bentuk dasar menjadi bentuk lain.


3. Daun


struktur daun


Daun merupakan salah satu organ tata cara flora yang tumbuh dari ranting, umumnya daun berwarna hijau alasannya adalah mengandung klorofil, Fungsi utama dari daun ialah selaku penangkap energi dari cahaya matahari untuk berfotosintetis. selain fungsi tersebut, daun juga berfungsi sebagai alat penguapan dan daerah berlangsungnya proses fotosintetis. Daun terdiri atas Helai daun, Tangkai daun dan pelepah daun. Struktur daun terdiri atas epidermis yang mempunyai kutikula untuk menangkal penguapan terlalu besar.


4. Bunga


struktur bunga


Fungsi bunga selain untuk memperindah tumbuhan ialah sebagai organ seksual pada flora. Sebagi wadah menyatunya gamet jantan (mikrospora) dan betina (makrospora) untuk menghasilkan biji. Beberapa bunga memiliki warna yang cerah dan beraroma khas yang berfungsi sebagi pemikat binatang untuk menolong penyerbukkan. Bunga mampu dibilang sebagai bunga sempurna apabila memiliki alat jantan (benang sari) dan alat betina (putik).


Struktur bunga terdiri atas beberapa bab, yakni:



  • Kelopak bunga (calyx) lazimnya berwarna hijau . Kelopak bunga berfungi untuk melindungi dan membungkus bunga dikala masih kuncup.

  • Mahkota bunga (corolla). Mahkota bunga berwarna warni, yang berfungsi untuk memikat serangga untuk membantu proses penyerbukkan

  • Benang sari (alat kelamin jantan) . Jika serbuk sari jatuh ke putik (alat kelamin betina) maka terjadilah pembuahan

  • Putik (alat kelamin betina). Jika putik sudah dijatuhi serbuk sari maka terjadilah pembuahan dan berkembangnya zigot pada bunga.


Demikian pembahasan seputar Klasifikasi Kingdom plantae. Kingdom Plantae mempunyai tugas yang sungguh penting untuk makhluk hidup. Selain sebagai sumber kuliner, tumbuhan juga dapat menangkal terjadinya longsor dan banjir. Untuk itu mari kita selaku generasi muda harus turut andil dalam menjaga hutan dan lingkungan sekitar kita. Terimakasih sudah berkunjung di FaunadanFlora.com , supaya gosip yang diberikan berfaedah





0 Response to "Pembagian Terstruktur Mengenai, Ciri – Ciri Kingdom Plantae, Dan Sistem Organ Pada Tanaman"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel